Sunday 2 October 2011

Yummy-health

Selamat datang Oktober...

Beberapa waktu lalu, saya diundang oleh Gerakan Sayangi Jantungmu (@sayangijantung) yang sekarang ini sedang dikobar-kobarkan oleh Quaker Oat. Anda tentu pernah melihat iklan TV yang memunculkan sejumlah orang dari berbagai usia bersama tagline "saya berisiko!". Siapapun berisiko untuk menderita penyakit jantung--salah satu penyakit kronis yang jumlah penderitanya semakin meningkat. Bahkan menyerang mereka yang masih berada di usia produktif. Sayang, ya? 

Dalam serangkaian acara yang mereka gelar bertepatan dengan Hari Jantung Sedunia, Chef Winnie berbagi resep keluarga yang bukan main lezat. Winnie adalah perempuan biasa seperti kita yang punya cerita di balik resepnya. Meskipun Ayah Winnie di usia muda adalah seorang atlet PON; berolahrga dan menjalankan pola hidup sehat, namun di usia 50 dokter menyatakan bahwa laki-laki yang kini berusia 72 tahun harus menderita penyakit jantung. Awalnya, sang ayah tidak terima. Tapi pengalaman 3x operasi baypass--sudah--cukup membuatnya trauma. Dan mau tidak mau ia harus berdiet seumur hidup.

Winnie sempat bercerita, anaknya yang berumur 7 tahun sangat suka dengan makanan manis. Sementara sang kakek harus dijauhi dari menu-menu gula. Awalnya, Winnie membeli dua kulkas. Satu untuk kakek, satu lagi untuk anaknya. Tapi apa yang terjadi? Begitu tengah malam, suara kaki-kaki mengendap menyusup ke kulkas anak berumur 7 tahun. Sang kakek diam-diam mencuri makanan yang tak seharusnya ia konsumsi. Ketika mendengar itu, spontan saya tertawa lepas. Lucu. Winnie geleng-geleng. Ia memutar otak untuk bisa membuat resep yang sesuai dengan selera kedua "anak kecil" ini. Quaker Apple Cinnamon yang dibuat khusus agar ayah dan anaknya bisa menikmati makanan enak dan sehat merupakan satu dari sekian banyak menu berbahan dasar oat yang pernah Winnie ciptakan. Sekarang kita bisa mencobanya di dapur rumah. 

Saat Winnie membagikan makanan ini dalam porsi kecil kepada kami di acara itu, dengan segera saya memotret lalu mengunduhnya ke akun twitter. Seorang teman membalas dan meminta agar saya membagikan resepnya. Jadilah saya menulis di sini. Resep ini tidak hanya untuk seorang teman yang telah meminta langsung di twitter, tapi untuk Anda semua yang ingin merasakan serunya menjalani hidup sehat, atau mungkin sesuatu yang baru. Tidak ada bahan-bahan manis dalam pembuatannya. Yang ada hanya aroma kayu manis yang Anda masukan bersama oat dan apel. Rasa manis itu sendiri secara natural akan datang dari si buah apel. Ini karena oat tidak memiliki rasa. Sehingga oat akan mengikuti bahan lain yang dicampur bersamanya. Cita rasa apel dengan bahan dasar oat berpadu aroma kayu manis? oh, ini sangat menggoda. Yummy. Selamat memasak!

/ Food for Your Heart /

Quaker Apple Cinnamon 
Bahan:
75 gr Quaker Instant Oatmeal
600 ml air
½ sdm mentega (unsalted)
2 batang kayu manis
2 buah apel fuji atau apel merah (potong dadu kecil bersama kulitnya)

Cara membuat:
1. Oleskan mentega pada lapisan dasar panci.
2. Masukan Quaker Instant Oatmeal dalam panci bersama air (api tidak terlalu besar). Aduk rata.
3. Tambahkan apel-apel dadu dan kayu manis. Aduk rata.
4. Masak hingga aromanya mulai terasa.
5. Sajikan selagi hangat untuk dua orang.



Happy eating, everyone. Enjoy your moment.
-m

Quaker Apple Cinnamon (porsi kecil)

1 comment:

  1. mau dong dimasakin sama chef mirssud :)

    get well soon mbak! makan yg sehat-sehat ya kaya gini :D

    ReplyDelete